clixsense

Kamis, 29 Maret 2012

Beban Kerja Perawat

BEBAN KERJA PERAWAT
PENDAHULUAN
Setiap masyarakat berhak mendapat pelayanan kesehatan dengan kinerja yang terbaik dari perawat dan tenaga kesehatan, oleh karena itu pemberian pelayanan kesehatan harus menjadi prioritas utama bagi negara dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya. Namun, pelayanan kesehatan yang terjangkau dan bermutu sulit dilaksanakan jika kualitas kehidupan kerja terpuruk, dan suplai tenaga kesehatan serta sistem kesehatan tidak memadai. Untuk mencapai ketenagaan yang optimal perlu diperhatikan upaya kesehatan bagi tenaga kesehatannya.
Upaya kesehatan kerja adalah upaya penyerasian antara kapasitas kerja, beban kerja dan lingkungan kerja agar setiap pekerja dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan dirinya sendiri maupun masyarakat di sekelilingnya, agar diperoleh produktivitas kerja yang optimal (UU Kesehatan Tahun 1992, Pasal 23, dalam Depkes, 2006).
Kapasitas kerja, beban kerja dan lingkungan kerja merupakan tiga komponen utama dalam upaya kesehatan kerja, dimana hubungan interaktif dan serasi antara ketiga komponen tersebut akan menghasilkan kesehatan kerja yang optimal.
Beban kerja adalah frekuensi kegiatan rata-rata dari masing-masing pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. Beban kerja meliputi beban kerja fisik maupun mental. Akibat beban kerja yang terlalu berat atau kemampuan fisik yang terlalu lemah dapat mengakibatkan seorang perawat menderita gangguan atau penyakit akibat kerja.
Beban kerja berkaitan erat dengan produktifitas tenaga kesehatan, dimana 53,2% waktu yang benar-benar produktif yang digunakan pelayanan kesehatan langsung dan sisanya 39,9% digunakan untuk kegiatan penunjang (Gani, dalam Irwandy, 2007). Tenaga kesehatan khususnya perawat, dimana analisa beban kerjanya dapat dilihat dari aspek-aspek seperti tugas-tugas yang dijalankan berdasarkan fungsi utamanya, begitupun tugas tambahan yang dikerjakan, jumlah pasien yang harus dirawat, kapasitas kerjanya sesuai dengan pendidikan yang ia peroleh, waktu kerja yang digunakan untuk mengerjakan tugasnya sesuai dengan jam kerja yang berlangsung setiap hari, serta kelengkapan fasilitas yang dapat membantu perawat menyelesaikan kerjanya dengan baik (Irwady, 2007).
Banyaknya tugas tambahan yang harus dikerjakan oleh perawat dapat menganggu penampilan kerja dari perawat. Akibat negatif dari banyaknya tugas tambahan perawat diantaranya timbulnya emosi perawat yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dan berdampak buruk bagi produktifitas perawat (Irwady, 2007). Menurut hasil survey dari PPNI tahun 2006, sekitar 50,9% perawat yang bekerja di empat propinsi di Indoonesia mengalami stress kerja, sering pusing, lelah, tidak bisa beristirahat karena beban kerja terlalu tinggi dan menyita waktu, gaji rendah tanpa insentif memadai. Namun, perawat di rumah sakit swasta dengan gaji lebih baik ternyata mengalami stress kerja lebih besar dibandingn perawat di rumah sakit pemerintah yang berpenghasilan rendah. Sementara hasil penelitian yang dilakukan International Council of Nurses (ICN) menunjukkan, peningkatan bdban kerja perawat dari empat pasien jadi enam orang telah mengakibatkan 14% peningkatkan kematian pasien yang dirawat dalam 30 hari pertama sejak dirawat di rumah sakit. Ini menunjukkan adanya hubungan antara jumlah kematian dengan jumlah perawat per pasien dalam sehari (Rachmawati, 2007).
Perhitungan beban kerja dapat dilihat dari 3 aspek, yakni fisik, mental dan panggunaan waktu. Aspek fisik meliputi beban kerja berdasarkan kriteria-kriteria fisik manusia. Aspek mental merupakan perhitungan beban kerja dengan mempertimbangkan aspek mental (psikologis). Sedangkan aspek pemanfaatan waktu lebih mempertimbangkan pada aspek pengunaan waktu untuk bekerja (Adipradana, 2008). Aspek mental atau psikologis lebih menekankan pada hubungan interpersonal antara perawat dengan kepala ruang, perawat dengan perawat lainnya dan hubungan perawat dengan pasien, yang dapat mempengaruhi keserasian dan produktifitas kerja bagi perawat sebagai alokasi penggunaan waktu guna peningkatan pelayanan keperawatan terhadap pasien.
TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Upaya Kesehatan Kerja
Upaya kesehatan kerja adalah upaya penyerasian antara kapasitas kerja, beban kerja dan lingkungan kerja agar setiap pekerja dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan dirinyan sendiri maupun masyarakat disekelilingnya, agar diperoleh produktivitas kerja yang optimal (UU Kesehatan tahun 1992, Pasal 23, dalam Depkes RI, 2006).
B. Ruang Lingkup Kesehatan Kerja
Menurut Depkes RI (2006), Kesehatan kerja meliputi berbagai upaya penyerasian antara pekerja dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya baik fisik maupun psikis dalam hal cara atau metode kerja, proses kerja dan kondisi yang bertujuan untuk :
1. Memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan kerja masyarakat pekerja disemua lapangan kerja setinggi-tingginya baik fisik, psikis atau mental maupun kesejahteraan sosialnya.
2. Mencegah timbulnya gangguan kesehatan pada masyarakat pekerja yang diakibatkan oleh keadaan atau kondisi lingkungan kerjanya.
3. Memberikan pekerjaan dan perlingdungan bagi pekerja di dalam pekerjaannya dari kemungkinan bahaya yang disebabkan oleh faktor-faktor yang membahayakan kesehatan.
4. Menempatkan dan memelihara pekerja disuatu lingkungan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan fisik dan psikis pekerjanya.
C. Komponen Kesehatan Kerja
Menurut Depkes RI (2006), ada tiga komponen utama dalam kesehatan kerja, dimana hubungan interaktif dan serasi antara ketiga komponen tersebut akan menghasilkan kesehatan kesehatan kerja yang baik dan optimal. Adapun ketiga komponen kesehatan kerja adalah sebagai berikut:
1. Kapasitas kerja
Kapasitas kerja yang baik seperti status kerja dan gizi kerja yang baik serta kemampuan fisik yang prima diperlukan agar seorang pekerja dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Kondisi atau tingkat kesehatan pekerja sebagai modal awal seorang untuk melakukan pekerjaan harus pula mendapat perhatian. Kondisi awal seseorang untuk bekerja dapat dipengaruhi oleh kondisi tempat kerja, gizi kerja dan lain-lain.
2. Beban kerja
Beban kerja meliputi beban kerja fisik maupun psikis atau mental. Akibat beban kerja yang terlalu berat atau kemampuan fisik yang terlalu lemah dapat mengakibatkan seorang pekerja menderita gangguan atau penyakit akibat kerja.
3. Lingkungan kerja
Kondisi lingkungan kerja (misalnya panas, bising debu, zat-zat kimia dan lain-lain) dapat merupakan beban tambahan terhadap pekerja. Beban-beban tambahan tersebut secara sendiri-sendiri atau bersama-sama dapat menimbulkan gangguan atau penyakit akibat kerja.
D. Pengertian Beban Kerja Perawat
Beban kerja adalah frekuensi kegiatan rata-rata dari masing-masing pekerjaan dalam jangka waktu tertentu (Irwandy, 2007).
Beban kerja merupakan salah satu unsur yang harus diperhatikan bagi seorang tenaga kerja untuk mendapatkan keserasian dan produktivitas kerja yang tinggi selain unsur beban tambahan akibat lingkungan kerja dan kapasitas kerja (Sudiharto, 2001).
Perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimilikinya yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan (UU Kesehatan No. 23, 1992, dalam Gaffar, 1999).
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa beban kerja perawat adalah frekuensi kegiatan rata-rata dari sesdorang yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimilikinya dalam jangka waktu tertentu.
E. Kelebihan Beban Kerja
Pengelolaan tenaga kerja yang tidak direncanakan dengan baik dapat menyebabkan keluhan yang subyektif, beban kerja semakin berat, tidak efektif dan tidak efisien yang memungkinkan ketidakpuasan bekerja yang pada akhirnya mengakibatkan turunnya kinerja dan produktivitas serta mutu pelayanan yang merosot (Bina Diknakes, 2001).
Kelebihan beban kerja (beban kerja berat) yang dirasakan oleh perawat meliputi (French dan Caplan, 1973) :
1. Harus melaksanakan observasi pasien secara ketat selama jam kerja.
2. Terlalu banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan demi kesehatan dan keselamatan pasien.
3. Beragamnya jenis pekerjaan yang harus dilakukan demi kesehatan dan keselamatan pasien.
4. Kontak langsung perawat klien secara terus menerus selama 24 jam.
5. Kurangnya tenaga perawat dibanding jumlah pasien.
6. Pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki tidak mampu mengimbangi sulitnya pekerjaan.
7. Harapan pimpinan rumah sakit terhadap pelayanan yang berkualitas.
8. Tuntutan keluarga untuk keselamatan dan kesehatan pasien.
9. Setiap saat dihadapkan pada pengambilan keputusan yang tepat.
10. Tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan asuhan keperawatan klien di ruangan.
11. Menghadapi pasien dengan karakteristik tidak berdaya, koma dan kondisi terminal.
12. Setiap saat melaksanakan tugas delegasi dari dokter (memberikan obat-obatan secara intensif).
13. Tindakan untuk selalu menyelamatkan pasien.
Prestasi suatu organisasi atau perusahaan yang buruk dapat dengan mudah terjadinya penghentian tenaga kerja yang besar-besaran ataupun menyebabkan diperlukannya banyak sekali waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan (Tulus, 1996).
Salah satu cara untuk mengurangi beban kerja perawat yang terlalu tinggi adalah dengan menyediakan tenaga kerja yang cukup baik kuantitas maupun kualitasnya sesuai dengan tuntutan kerja. Semakin banyak pasien yang ditangani seorang perawat selama periode waktu tertentu, maka semakin berat atau besar beban kerja perawat tersebut (Gilles, 1996). Pelayanan keperawatan yang bermutu dapat dicapai salah satunya tergantung pada seimbangnya antara jumlah tenaga perawat dengan beban kerjanya di suatu rumah sakit.
F. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Beban Kerja
Menurut Swanburg C. R. (1993), dikatakan bahwa secara nasional kekurangan tenaga perawat sekitar 100.000 perawat rumah sakit. Dalam hal yang bersamaan terjadi peningkatan usia harapan hidup lebih dari 65 tahun, yang merupakan konsumen utama pelayanan keperawatan. Tenaga keperawatan menurun pada saat kebutuhan konsumen atau klien meningkat, sehingga beban kerja perawat semakin meningkat. Faktor lain yang mempengaruhi beban kerja disamping faktor jumlah tenaga dan jumlah konsumen atau klien, adalah faktor ketrampilan majemen perawat atau pengalaman kerja perawat dan faktor tingkat pendidikan perawat (Samba, 2000).
G. Perhitungan Tenaga Perawat.
Menurut Suyanto (2008), perhitungan tenaga kerja perawat perlu diperhatikan hal-hal, sebagai berikut :
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan tenaga keperawatan.
a. Faktor klien, meliputi : tingkat kompleksitas perawat, kondisi pasien sesuai dengan jenis penyakit dan usianya, jumlah pasien dan fluktuasinya, keadaan sosial ekonomi dan harapan pasien dan keluarga.
b. Faktor tenaga, meliputi : jumlah dan komposisi tenaga keperawatan, kebijakan pengaturan dinas, uraian tugas perawat, kebijakan personalia, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja, tenaga perawat spesialis dan sikap ethis professional.
c. Faktor lingkungan, meliputi : tipe dan lokasi rumah sakit, lay out keperawatan, fasilitas dan jenis pelayanan yang diberikan, kelengkapan peralatan medik atau diagnostik, pelayanan penunjang dari instalasi lain dan macam kegiatan yang dilaksanakan.
d. Faktor organisasi, meliputi : mutu pelayanan yang ditetapkan dan kebijakan pembinaan dan pengembangan.
2. Rumusan perhitungan tenaga perawat
a. Peraturan Men.Kes.R.I. No.262/Men.Kes./Per/VII/1979 menetapkan bahwa perbandingan jumlah tempat tidur rumah sakit dibanding dengan jumlah perawat adalah sebagai berikut :
Jumlah tempat tidur : Jumlah perawat = 3-4 tempat tidur : 2 perawat.
b. Hasil Work Shop Perawatan oleh Dep.Kes RI di Ciloto Tahun 1971 menyebutkan bahwa :
Jumlah tenaga keperawatan : pasien = 5 : 9 tiap shift.
c. Menggunakan sistem klasifikasi pasien berdasarkan perhitungan kebutuhan tenaga.
H. Psikologis Kerja Perawat
Perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan selalu berinteraksi sosial dengan orang lain, terutama dengan pasien, teman sejawat dan atasan langsung yaitu kepala ruangan. Menurut Sunaryo (2004) interaksi sosial merupakan salah satu bentuk hubungan antara individu dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, seorang perawat hendaknya dapat memahami kepribadian pasien, keluarga pasien, teman sejawat dan atasan langsung. Perawat hendaknya memahami perbedaan yang ia miliki dan menyadari ciri masing-masing sehingga tidak menjadi beban dalam menjalankan tugasnya.
Adanya kerja sama antara perawat dengan perawat dan perawat dengan kepala ruangan serta kerja sama antara perawat dengan pasien yang dirawatnya akan mempercepat proses penyembuhan penyakit. Tidak terjalinnya kerja sama dengan baik akan menimbulkan beban psikologis bagi perawat selain juga beban fisik yang dialaminya. Beban psikis yang berlebihan menyebabkan perawat mengalami stress kerja, sering merasa pusing, lelah, dan tidak dapat istirahat dengan nyenyak. Akibat beban kerja yang terlalu berat atau kemampuan fisik yang terlalu lemah dapat mengakibatkan seorang perawat menderita gangguan atau penyakit akibat kerja (Depkes, 2006).
Efek psikologis yang paling sederhana dan jelas dari kelebihan beban kerja adalah stress kerja yang mengakibatkan menurunnya motivasi kerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Motivasi sangat dibutuhkan oleh seorang perawat sebagai dorongan untuk meningkatkan gairah kerja. Kinerja perawat timbul sebagai respon efektif atau emosional terhadap tugas pekerjaan yang dilakukan perawat. Stress kerja disebabkan oleh konflik kerja, beban kerja, waktu kerja, karakteristik tugas, dukungan kelompok dan pengaruh kepemimpinan (Rusman, 2006).
PEMBAHASAN
A. Aspek Psikis Beban Kerja Perawat dengan Kepala Ruangan
Kepala ruangan merupakan seorang pemimpin, mengatur dan mengarahkan para perawat yang bertugas dalam ruang perawatannya. Dalam ini seorang kepala ruangan berperan sebagai seorang pemimpin dan manajer. Sebagai seorang konsultan dan pengendalian mutu asuhan keperawatan yang diberikan oleh perawat pelaksana, tugas kepala ruangan meliputi : melaksanakan orientasi perawat baru, menyusun jadwal dinas, memberi penugasan para perawat pelaksana, mengevaluasi asuhan keperawatan dan merencanakan pengembangan staf.
Mengarahkan, menggerakkan dan memotivasi staf perawat bekerja dengan sebaik-baiknya adalah salah satu fungsi dari kepala ruangan. Sering dijumpai seorang perawat melaksanakan tugas tidak sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan. Hal ini semata mata bukan kesalahan atau kekeliruan perawat tetapi sering juga disebabkan oleh kurangnya pengarahan dari kepala ruangan sebelum tugas dilaksanakan. Pengarahan yang kurang tepat dapat menimbulkan beban psikis bagi perawat dalam melaksanakan tugasnya. Beban psikis semakin berat bila perawat mengalami kelebihan beban kerja dan perhitungan tenaga kerja yang dilakukan oleh kepala ruangan tidak sesuai dengan kebutuhan tenaga keperawatan. Kelebihan beban kerja dapat terjadi karena harapan kepala ruangan terhadap pelayanan yang berkualitas, sedangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki perawat tidak sebanding sehingga bisa menjadi beban psikis bagi perawat bersangkutan. Hal lainnya bisa karena adanya tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan asuhan klien di ruangan. Menurut Rusman (2006), pengaruh kepemimpinan bisa menyebabkan timbulnya stress kerja akibat beban kerja berlebihan yang dilimpahkan oleh kepala ruangan sebagai pimpinan.
Untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perawat dengan kepala ruangan, maka kepala ruangan harus memiliki kemampuan seperti memberikan pengarahan dan petunjuk yang jelas, sehingga dapat dimengerti oleh pelaksana keperawatan, memberikan saran/nasehat dan bantuan kepada pelaksana keperawatan, memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat kerja pelaksana keperawatan, memberikan latihan dan bimbingan yang diperlukan serta memberikan penghargaan bagi yang berprestasi dan hukuman bagi yang melanggar peraturan. Selain dari kepala ruangan, perawat juga diharapkan dapat melaksanakan arahan yang diberikan oleh kepala ruangan dan melaksanakan tanggung jawab yang diberikan dengan sebaik-baiknya.
B. Aspek Psikis Beban Kerja Perawat dengan Perawat
Peran perawat dalam memberikan asuhan keperawatan dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung kepada pasien. Pemberian asuhan keperawatan tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh perawat tapi perlu adanya kerja sama dengan anggota tim dan antar tim perawat.
Beban kerja yang berlebihan dan ketidakmampuan tim mengkoordinir tugas akan menimbulkan konflik antar anggota tim perawat. Bila setiap perawat tidak mampu mengontrol emosinya akan meningkatkan konflik yang berakibat terhadap teganggunya pelayanan keperawatan yang diberikan. Beragamnya jenis pekerjaan yang harus dilakukan oleh perawat bila tidak ada kerja sama yang baik akan menjadi beban psikis bagi perawat untuk itu perlu adanya tanggung jawab dari tim perawat yang bekerja. Perlu juga adanya kecocokan diantara sesama tim perawat guna mengurangi ketegangan dan perbedaan prinsip satu dengan yang lainnya.
Hubungan mengurangh beban psikis karena beban kerja maka, antar sesama perawat sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja perawat, untuk itu perlu adanya kerja sama yang baik antara perawat dengan perawat dan adanya rasa tanggung jawab setiap melaksanakan tindakan keperawatan. Antar sesama anggota tim perawat perlu adanya rasa saling pengertian sehingga dalam memberikan asuhan, perawat dapat saling menutupi kekurangan yang dimiliki sehingga pelayanan yang diberikan kepada pasien dapat optimal.
C. Aspek Psikis Beban Kerja Perawat dengan Pasien
Pemberian asuhan keperawatan kepada pasien pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan dasarnya mencakup kebutuhan biologis, sosial, psikologis dan spiritual karena adanya kelemahan fisik dan mental, keterbatasan pengetahuan dan kurangnya kemauan menuju kemandirian pasien (Gaffar, 1999).
Jumlah pasien yang tidak sesuai dengan jumlah perawat, dalam hal ini jumlah pasien yang lebih banyak dari jumlah perawat akan menimbulkan beban psikis bagi perawat. Menurut Rachmawati (2007) tidak memadainya jumlah dan kualifikasi perawat ternyata berhubungan dengan kejadian gangguan psikis pada perawat. Kurang kooperatifnya pasien juga bisa menimbulkan beban psikis bagi perawat oleh karen` perawat perlu waktu dan tenaga yang lebih banyak untuk pasien yang kooperatif serta setiap tindakan yang diberikan kepada pasien tidak dipatuhi oleh pasien. Kelebihan beban kerja yang menyebabkan beban psikis bisa terjadi karena perawat harus melaksanakan observasi pasien secara ketat selama kerja, kontak langsung perawat dengan klien secara terus menerus selama 24 jam, tuntutan keluarga pasien untuk keselamatan dan kesehatan pasien, serta menghadapi pasien dengan karakteristik tidak berdaya, koma dan kondisi terminal. Hal-hal tersebut bisa menjadi beban psikis bila perawat yang bersangkutan kurang pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.
Perawat perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, oleh karena setiap pasien mempunyai sifat yang berbeda-beda sehingga cara komunikasi kepada pasien juga disesuaikan dengan individu setiap pasien. Perawat harus meningkatkan kemampuan yang dimilikinya supaya bisa mengikuti perkembangan dalam ilmu kesehatan khususnya perawatan agar tindakan yang dilaksanakan bisa mempercepat proses penyembuhan pasien.
DAFTAR PUSTAKA
Gaffar, L.O.J. (1999). Pengantar Keperawatan Profesional. Jakarta : EGC
Gillies. (1996). Manajemen Keperawatan, Edisi ke dua, Philadelphia.
Samba S. (2000). Pengantar Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan untuk Perawat Klinis, Buku Kedokteran, EGC, Jakarta.
Sunaryo, (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta : EGC.
Suyanto. (2008). Mengenal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan Di Rumah Sakit. Jogjakarta : Penerbit Mitra Cendikia.
Tulus, A. (1996). Manajemen Sumber Daya manusia, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar