clixsense

Jumat, 23 Maret 2012

ALASAN PONSEL OS ANDROID LAYAK UNTUK DIMILIKI

 
Sistem operasi terbuka seperti Android mempunyai kelebihan yakni bisa digunakan oleh vendor ponsel manapun, dengan tipe apapun, dengan ukuran layar berapapun dan dengan budget harga berapapun. Tapi kelemahannya ialah, tak ada standarisasi yang bisa diterapkan pada semua ponsel, khususnya pada ponsel berharga murah.
Berbeda dengan ponsel dengan OS yang terintegrasi, yang memungkinkan semua perangkat memiliki standarisasi yang sama. Sehingga tak hanya fiturnya yang terkontrol namun juga kenyamanan pengguna.
Bila Anda ingin memiliki ponsel Android berharga murah, saran saya perhatikan dulu lima alasan berikut:

1. Bahan gampang rusak
Body ponsel Android berharga murah cenderung terbuat dari bahan yang mudah rusak dan pecah. Tentunya Anda tak ingin ponsel Android kesayangan jadi rusak hanya gara-gara body nya rentan? Ini terutama pada layar yang biasanya tak menggunakan Gorila Glass (teknologi layar pada ponsel high-end yang tahan goresan).

2. Kualitas layar jelek
Sebagai ponsel dengan fitur hampir seratus persen touch screen, ponsel bersistem Android akan menjadikan layar sebagai media navigasi dan kontrol untuk berbagai macam kebutuhan. Karena itu layar dengan kualitas yang jelek akan mengganggu Anda dalam mengoperasikan sistem Android.
Apalagi dengan layar dibawah reolusi di bawah 480 x 320 piksel tak akan mendukung fitur multimedia seperti game misalnya. Kalaupun digunakan untuk membaca buku, layar tipe seperti ini pasti akan sangat tidak memuaskan.

3. Prosesor berkecepatan rendah
Android adalah salah satu sistem tercanggih saat ini. Apalagi Android telah bersiap memasuki era prosesor quad core yang jauh lebih cepat dibandingkan dual core. Para vendor ponsel beserta pembuat aplikasi pasti akan memfokuskan diri untuk memenuhi kebutuhan dual core dan terutama quad core.
Bagaimana nasib ponsel dengan single core processor? Bisa dibayangkan betapa lemotnya ketika Anda akan mengakses game ataupun aplikasi seperti Facebook dan Twitter. Kinerja tak maksimal bukan karena Androidnya, tapi karena hardware ponselnya yang tak memadai.

4. OS tak bisa diupgrade
Android terbaru saat ini ialah versi 4.0 atau yang biasa disebut Ice Cream Sandwich. Sistem operasi terbaru ini mempunyai keunggulan di bidang grafis, kecepatan dan aneka fitur baru. Tapi sistem Android ini menuntut hardware yang tinggi.
Sedangkan ponsel Android murah biasanya hanya diperlengkapi hardware yang cuma bisa digunakan untuk menginstal sistem Android lama. Selain sudah ketinggalan, sistem Android lama biasanya kurang bagus dalam hal keamanan.

5. Kurang aman dan dukungan
OS terbaru pastinya juga akan memperbaiki hal keamanan. Dan OS yang sudah lama biasanya lebih mudah disusupi hacker dan malware merugikan lainnya. Kekurangan lainnya ialah OS versi lama tidak akan mendapat perhatian seperti OS baru. Apalagi Android termasuk OS dengan upgrade yang sangat cepat.
Lebih baik menabung dahulu agar bisa membeli ponsel Android yang paling tidak 1 level dibawah OS terbaru saat ini. Kalau bisa sih beli yang mendukung OS terbaru aja, karena Google akan segera memberikan OS terbaru yang lebih bagus dari Ice Cream Sandwich.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar